Saturday 24 September 2011

Diary September 2011 di Lab Instumentasi Industri ITB (Institut Teknologi Bandung)

Wah... sudah lama banget gak nulis lagi diblog ini. Terakhir kali aku nulis bulan mei.. Busyet lama amat yak?
Karena kesibukan skripsi dan mengurusi wisuda akhirnya terbengkalailah blog kesayangan ini. Eh ngomong2, aku sekarang sudah menyeleseikan studi di Universitas Negeri Malang (UM), program studi S1 Pendidikan Teknik Informatika. Berkat do'a dari pembaca sekalian akhirnya saya mampu menyeleseikannya dengan predikat cumlaude walaupun molor setengah semester. hehe :-)

Jadi saat ini saya sudah sah untuk memasang embel2 dibelakang nama saya Gilang Kurniaji, S.Pd. (bukan Sarjana Penuh Derita lho :-p)... Saya pun sekarang sudah siap untuk terjun dan mengabdi di masyarakat. Saya siap untuk menjadi guru TIK di SMP, SMA maupun guru TKJ atau RPL di SMK.

Ilmu yang saya kuasai dapat dikatakan cukup untuk mampu mendeliverkan perkembangan teknologi kepada siswa. Serta cara memanfaatkan teknologi untuk dapat dioptimalkan sebagai potensi akademik maupun potensi prestasi. Dari segi pedagogik saya menguasai teori-teori pembelajaran, perkembangan peserta didik, ilmu evaluasi pendidikan dan lain sebagainya.

Sedangkan dari sisi informatika, ilmu saya dapatkan juga relatif dapat dikatakan cukup untuk dapat ditransfer kepada siswa-siswa. Bahasa pemrograman yang saya kuasai adalah PHP dan HTML, Visual Basic 2005-2008, bahasa C/C++, saya juga "masih berusaha" menguasai java. Sedangkan untuk penguasaan penggunaan software saya mampu untuk menggunakan perangkat lunak Microsoft office dengan baik, Adobe Flash, Corel Draw, dan sedang belajar Photoshop serta 3DS Max.

Untuk Perangkat keras dan jaringan, saya menguasai dasar-dasar pengaturan jaringan LAN, Setting wireless, identifikasi kerusakan komputer dan lain sebagainya.

Pada intinya saya siap untuk mengajar sebagai guru... hehe

Namun pada kenyataannya nasib berkata lain kepada saya. Pada saat ini saya sedang "magang" untuk belajar instrumentasi industri di LAB instrumentasi industri ITB (Institut Teknologi Bandung). Disini saya sedikit belok arah dari mayor ilmu yang saya pelajari. Kalau basis pengetahuan saya adalah IT. Di Lab Indi ITB, saya belajar mengenai PLC, Data Communication Industrial, HMI (Human Machine Interface) serta elektronika. Saya bersyukur diberi kesempatan belajar di ITB karena pasti akan memperkaya pengetahuan dan pengalaman saya.

Do'akan saya dapat menjalani proses belajar saya ini dengan baik dan lancar, serta mampu mencapai target yang diharapkan oleh pihak-pihak yang memberikan kesempatan belajar kepada saya. Insyaallah, kalau ada waktu dan koneksi internet saya akan berbagi ilmu yang saya pelajari sekarang ini melalui blog ini... Do'akan ya?

Sekian posting kali ini
Salam hangat-hangat kuku
Jangan lupa ngopi
cheers..
================================================= kurangin tidur banyakin ngopi

1 comment:

  1. Wah..tulisan yang menginspirasi :)

    Di ITB, lab instrumentasi nya juga menerima magang mahasiswa yah? saya juga kepingin belajar instrumentasi namun bingung mencari tempat karena memang major saya bukan di instrumentasi..
    Selama magang yang dikerjakan apa yah..? Dan jika ingin melamar, harus menghubungi siapa?

    Salam hangat :)

    ReplyDelete