Sunday 5 December 2010

Cara Partisi Harddisk Eksternal

howdy, everybody..
Kali ini saya mau berbagi sedikit tips bagi para pembaca sekalian yang memiliki HD eksternal tapi tidak tahu cara untuk mempartisinya. Sebenarnya HD eksternal bisa dipartisi seperti HD internal bawaan komputer biasa. Keunggulan melakukan partisi HD antara lain, Memudahkan dalam mengkategorikan file-file yang anda simpan di HD eksternal tersebut.
Untuk melakukan partisi HD eksternal, sebenarnya kita bisa memanfaatkan fasilitas bawaan dari Windows kita atau menggunakan software dari pihak ketiga (ex: partition magic).
Pada posting ini saya akan berbagi tips membagi partisi dengan fasilitas bawaan dari Windows, yakni Disk Management.
Langkah2nya adalah sebagai berikut:
1. Colokkan HD eksternal anda di USB port 2.0 atau 3.0
2. Klik Start kemudian Klik Kanan Mycomputer.
3. Pilih Manage
4. Selanjutnya ketika munjul jendela computer management, klik atau pilih disk management.
5. Disini anda tinggal melakukan partisi dengan cara delete volume (jika anda sdh terlanjur membuatnya menjadi 1 partisi.
6. Klik kanan pada Gambar virtual harddisk eksternal anda, jangan sampai salah mengklik pada visualisasi harddisk internal anda. Kemudian pilih Add New Simple volume, lalu tinggal mengatur kapasitas partisi sesuai yang anda inginkan.
7. Buat volume baru sampai Kapasitas HD anda telah terpartisi semua sesuai yang anda inginkan...

Oke sekian postingan kali ini, semoga membantu....
Have a nice sunday....
================================================= kurangin tidur banyakin ngopi

5 comments:

  1. terima kasih, dari sekian banyak info mengenai partisi, tulisan mas yang paling gampang dimengerti dan membantu sekali...:)

    ReplyDelete
  2. ok, thanks gan....

    ReplyDelete
  3. thanks ga, sangat membantu nih...tapi ingin nanya jg, file2 bawaan seagatenya keapus dong ya?pengennya tetep kaya awal, ada saran...udah searching tapi ga ada yang membahas itu...suksesss slalu buat agan

    ReplyDelete
  4. bosss, saya baru beli HD 1 tera nih, udh keburu keisi file banyak skitar 200 GB.
    nah tiba2 ane mau partisi (soalnya dr beli belom saya partisi dulu), ada sih saya punya easus partition magic..
    nah kalo mau buat partisi lewat software easus ato pake cara yang anda paparkan di atas, apa perlu melakukan back-up dulu ??

    ReplyDelete
  5. @ anymous: kalau pake teknik ini ya pasti ke hapus file bawaan dari harddisk. Karena memang filenya di format sebelum di partisi. Sebenarnya kalau mau yang file existingnya tidak ke hapus, bisa pake partition magic dan software partisi lainnya.
    @ dhifofierce :
    Lha saya belum tau itu kemampuan software yang mas punyai apakah dia langsung hapus file existing atau dia bisa partisi namun tidak hapus file existing. Tapi kalau mau coba di partisi ya mending di backup dulu datanya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

    Terimakasih kunjungannya. Semoga bisa membantu.

    ReplyDelete