Monday 8 March 2010

Download pdf model-model pembelajaran

Sebagai tenaga kependidikan yang profesional da berdedikasi sudah semestinya mengerti mengenai model-model pembelajaran yang inovatif. Dengan model pembelajaran yang bervariasi diterapkan pada setiap pengajaran, pasti akan membuat peserta didik akan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang berlangsung. Bukankah mengasyikkan jika mata pelajaran yang anda ajarkan adalah "most wanted" bagi murid-murid anda?
Berikut ini saya berikan link untuk mendonwload tentang model-model pembelajaran  yang dikemukakan oleh beberapa ahli : http://www.ziddu.com/download/8875013/model2pembelajaranCompatibilityMode.pdf.html

Note : patut diingat bahwa model-model yang diberikan itu bukan hal yang mutlak untuk diterapkan. Yang mengetahui kondisi di lapangan adalah guru itu sendiri. Maka setiap pendidik dituntut untuk menginovasi atau sekedar memodifikasi model-model pembelajaran yang diterapkan untuk peserta didik.
Contoh penerapan model pembelajaran :
- Materi : Sejarah perkembangan teknologi komputer. Dapat menggunakan model quiz. Skenarionya sebagai berikut pada 30 menit pertama murid diberi kesempatan mendalami materi dan guru menjelaskan. Kemudian 40 menit digunakan dengan membuat quiz antar kelompok ( satu kelas dibagi jadi 2-6 kelompok (kondisional)). Guru telah mempersiapkan soal2 tentang materi terkait, dan siswa menjawab dengan cara mengacungkan tangan atau yang lain. Setelah selesai guru melakukan evaluasi dengan cara memberikan jawaban yang benar dan mengetest kemampuan penerimaan peserta didik dengan memilih secara acak peserta didik untuk diberi pertanyaan.
Model ini cocok untuk kelas yang sedang mengalami penurunan minat belajar dan kurang antusias. Karena dengan metode seperti ini akan menarik minat siswa. Sistem ini cocok untuk, materi yang bersifat hafalan atau teoritis.
Kelemahan : keikutsertaan peserta didik secara keseluruhan kurang diperhatikan, karena biasanya yang menjawab adalah anak2 yang rajin dan pandai. Hal ini bisa diminimalisir dengan membuat rule : setiap anggota kelompok hanya bisa menjawab maksimal 2 pertanyaan (dibatasi).

Sekian posting untuk kali ini, semoga bermanfaat... Cheers up our world

=================================================
kurangin tidur banyakin ngopi

2 comments:

  1. Ikuti “Lokakarya Nasional Strategi Meningkatkan Peringkat Webometrics (Sebuah Jalan Menuju World Class University)”.
    Pendaftaran online http://lcwcu.um.ac.id/lokakarya
    Untuk informasi lebih lengkap kunjungi http://lcwcu.um.ac.id/
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. wah seminarnya mahal banget ya?? Gak ada diskon buat mahasiswa?

    ReplyDelete