Wednesday 18 November 2009

Eugene Kaspersky

KAYA BERKAT HOBBY

Eugene Kaspersky, Mungkin kita belum begitu familiar dengan nama ini. Namun dengan nama belakang “Kaspersky” pasti ingatan kita langsung teringat dengan salah satu antivirus handal di dunia. Bila anda berpikir seperti itu, maka sangatlah tepat. Eugene Kaspersky merupakan pendiri Kaspersky Lab yang merupakan bengkel opreknya antivirus Kaspersky.

Pakar vaksin virus komputer ini memiliki nama lengkap Evgeny Valentinovich Kaspersky lahir di Novorossiysk, Uni Soviet pada tanggal 4 Oktober 1965. Ternyata kisah sukses om Kaspersky ini agaklah unik. Beliau menjadi pakar antivirus setelah sekian lama mengoleksi virus-virus yang telah menyerang komputernya.

Perkenalan pertama Kaspersky dengan virus adalah ketika dia bekerja di salah satu lembaga riset multi-disiplin. Saat itu komputernya diserang oleh virus “Cascade”. Dengan bantuan antivirus dia membersihkan virus tersebut dari komputernya. Namun setelah virus itu dijinakkan dia tidak menghapus malah menyimpan file virus tersebut untuk dipelajari. Dengan dasar disiplin ilmu yang tidak jauh dari teknologi komputer (Kaspersky adalah lulusan Institute of Cryptography , Telecomunications and Computer Science) , maka kegiatan mengoprek script virus itu menjadi kegiatan yang mengasyikkan menurutnya.

Mulai saat itu, hobby yang nyleneh itu mulai ditekuni. Dia semakin banyak menyimpan script file jahat tersebut dan berusaha untuk membuat modul “vaksinnya”. Dari koleksi tersebut, yang akhirnya menjadi database awal Kaspersky Antivirus. Menurutnya, “Hobby itu menjadi pekerjaan, lalu berkembang menjadi bisnis”.

Pada tahun 1991-1997, Eugene bekerja di KAMI information Technologies Center. Disinilah dia dan beberapa temannya mengembangkan AVP antivirus yang merupakan cikal bakal Kaspersky. Ternyat project AVP ini mampu mengalahkan antivirus yang popular pada masa itu pada acara kontes yang diadakan oleh Laboraturium Universitas Hamburg di tahun 1994. Mulai saat itu Kaspersky dan kawan-kawan diakui keberadaannya di dunia keamanan komputer.

Pada tahun 1997, Eugene dan teman-temannya memutuskan untuk mendirikan Kasperky Lab. Pada awalnya beliau menjadi kepala penelitian antivirus, namun pada tahun 2007 silam diangkat menjadi CEO Kaspersky antivirus. Dengan menjadi CEO Kaspersky yang merupakan antivirus peringkat keempat dunia versi International Data Corporation, maka pastinya tidak sedikit dollar yang mengalir ke kantongnya. Luar biasa….

Bagaimana dengan kita ? Semoga cerita dari Eugene Kaspersky ini mampu memberikan inspirasi bagi kita untuk dapat menjalani hidup ini kedepan. Ternyata dari hobby yang dianggap aneh maupun sepele ternyata bisa membawa kesuksesan bagi seseorang.

Tapi bagaimana kalo hobby uniknya adalah molor???? Bakalan bagaimana cerita suksesnya… Hohohoho….

Salam hangat-hangat kuku…

Dan jangan lupa kopi, Cheers…

“dikutip dari majalah Chip edisi November 2009

No comments:

Post a Comment