Thursday 6 January 2011

Manajemen Mood dalam Mengerjakan Skripsi

Menjadi seorang pekerja yang tidak terburu waktu deadline adalah pekerjaan gampang-gampang susah. Seperti kondisi saya saat ini. Saya sedang berada pada kondisi pekerjaan yang bersifat low pressure. hehe... Mengerjakan sebuah skripsi dengan batas penyeleseian yang unlimited. *ngakak*
Biasanya bila kita bekerja dengan sistem yang bebas seperti ini. Mood memegang peranan penting.

Pengakuan saya :
Kadang ketika saya sudah membuka layar di komputer jinjing malah tidak menyentuh satu lembar pun halaman di microsoft Word. Hanya dibuka saja aplikasinya dan selanjutnya kaskus, blogging , facebook, twitter mengalihkan dunia saya. 

Yups, sudah dapat diketahui hasilnya. Kini proposal skripsi ini terbengkalai dengan indahnya. Usaha untuk membuat folder ini visible dengan menambah banyak tanda !!!! (seru) di depannya tidak membuahkan hasil. Masih saja kalah dengan folder berjudul "movie", walaupun letaknya di harddisk saya cukup dalam dari root di harddisk drivenya. Mungkin sebagian dari anda juga pernah mengalami hal seperti itu. (saya yakin banyak :-p)
Keisengan saya untuk blogwalking malam ini ternyata cukup membantu. Setelah membaca beberapa postingan di blog-blog yang inspiratif. Saya berusaha meramu formula untuk melakukan manajemen mood. Beberapa tipsnya sebagai berikut:
1. Be in high presure.
Ya, imajinasikan diri kita berada pada sebuah perusahaan besar dengan bos yang sangat galak.
(saya mengimajinasikan bekerja pada sebuah perusahaan software terkemuka dengan deadline yang sangat   padat dan gaji yang sangat besar sehingga jika kita tidak mampu memenuhi target akan dipecat dan dimarahi habis-habisan)
Untuk mengubah mindset kita ke dalam suasana "dibawah tekanan", kita harus memiliki imajinasi atau pemikiran-pemikiran tentang pekerjaan yang harus terseleseikan. Kita juga bisa memberikan stimulus kepada diri kita untuk berada dalam tekanan itu melalui perasaan hutang budi kepada orang tua. (ini juga yang saya lakukan).
2. Make a tight schedule
Jadwalkan waktu pengerjaan itu sedetail mungkin. Sehingga rencana pengerjaan akan dapat segera anda lakukan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan membuat jadwal yang detail dan baik, semua rencana pengerjaan anda akan dapat segera terseleseikan sesuai jadwal.
3. Game tidak menyeleseikan masalah
 Ada beberapa teman saya (termasuk saya x-) ) berusaha membangun mood untuk mengerjakan skripsi dengan melakukan refreshing. Salah satunya dengan game. Sebagian dari mereka beranggapan bahwa game akan membuat pikiran mereka segar dan siap untuk mengerjakan skripsi setelahnya.
NO, jangan percaya anggapan ini. Sebenarnya game itu bersifat candu bagi manusia. Sehingga bila kita memulai game dipastikan akan sulit untuk berhenti. (Ngerjain skripsinya kapan)... So, buang jauh-jauh anggapan bahwa refreshing dengan game akan memperlancar skripsimu.
4. Beradalah pada kondisi nyaman
Dalam mengerjakan skripsi, kita dituntut untuk berada pada tingkat konsentrasi yang tinggi. Perhatian kita harus fokus pada tumpukan literatur, website pembantu, dokumen skripsi serta kepingan-kepingan pemikiran di otak kita. Untuk dapat berada pada tingkat konsentrasi  itu, diperlukan kondisi yang nyaman bagi kita. Kalau anda nyaman mengerjakan pada kondisi yang ramai dengan musik di earphone, lakukanlah. Atau anda lebih suka sendirian di sudut perpustakaan, segeralah berangkat. Mungkin juga anda lebih suka menggali ide di toilet? hehe...
Intinya dengan membangun suasana yang nyaman untuk diri anda masing-masing. Tingkat konsentrasi akan lebih mudah didapatkan. PS: Jangan berada pada kondisi yang ternyaman untuk tidur
5. Persembahkan skripsi anda untuk orang-orang yang anda sayang
Dedikasikanlah hasil skripsi anda untuk membagiakan orang-orang yang anda sayang, orang tua, kekasih, suami/istri, anak-anak anda. Dan khayalkan senyum mereka ketika mereka membaca alunan tulisan hasil pemikiran anda dalam jilid skripsi yang cukup tebal. Atau khayalkan pelukan hangat mereka ketika selesai membaca skripsi anda. Serta terselip kata, "Aku bangga padamu".
6. Skripsiku, Masterpiece!
Ya, hargailah skripsi yang anda kerjakan adalah sebuah mahakarya besar yang anda tuangkan dalam balutan kata-kata ilmiah. Anda akan sangat bersungguh-sungguh dalam mengerjakan masterpiece anda. Setiap detail tanda baca dan pilihan kata adalah sangat luar biasa bagi anda. Dan anda begitu kecanduan untuk mengerjakan mahakarya besar ini. Ketika skripsi ini sudah jadi, mahakarya ini akan menjadi panutan bagi berjuta pembaca. So, anda akan sangat bernafsu untuk menyeleseikannya demi umat manusia.
Yang terakhir dan terpenting....

Lakukanlah segera dan jangan ditunda...



Ada yang mau menambahkan?

Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat dan salam ngopi *cheers
================================================= kurangin tidur banyakin ngopi

4 comments:

  1. hahaha,, Ayo HAncurkan SkRiPsii Gaaann

    ReplyDelete
  2. oooomaigat, saya juga begitu sampai harus gugling bagaimana caranya mengerjakan skripsi dan ketemu artikel ini. wkwkwkkwkw

    ReplyDelete
  3. Ini otak gak tau mau dibawa kemana biar ketemu titik terang dan mood yg baik buat ngerjainnya, kpan skripsi ini berakhir ya allah 😭

    ReplyDelete
  4. PS: Jangan berada pada kondisi yang ternyaman untuk tidur
    wkkk...
    berasa kesindir bgt...

    ReplyDelete