Friday 31 December 2010

Cara mengatasi ASUS A42Jc VGA tidak bisa memainkan game PES 2011

Halo reader semua...
Mumpung masih tahun 2010 saya mau posting untuk menambah jumlah post di tahun ini...hehe
Kali ini saya mau share sebuah tips tentang cara mengatasi VGA ASUS A42Jc tidak bisa menjalankan game-game yang membutuhkan VRAm besar.
Sebenarnya postingan kali ini diawali dari teman saya yang mengalami masalah di atas. Dia ngebet banget untuk maen PES 2011 di Laptop barunya. Setelah proses instalasi PES berhasil, ketika dia mau menjalankan game tersebut kualitasnya Low. Aneh khan?? Padahal spesifikasi laptop tersebut termasuk wah.
Spesifikasi ASUS A42Jc :
CPU : Intel Core I3
HDD: 320 GB
RAM : 2 Gb DDR3
VGA : NVIDIA 310M, VRAM =1 Gb
Keren khan?
Tapi kenapa memaenkan PES 2011 saja tidak bisa masuk spesifikasi minimal medium.

Saya awalnya cukup kaget dengan hal tersebut, dan mengutak-atik di device manager mungkin driver belum terinstal secara benar. Ternyata semua device working properly. Terus masalahnya apa??

Setelah mencari referensi di internet, masuk ke ASus.com dll. Akhirnya ditemukan jawaban yang cukup melegakan. Ternyata ASUS A42Jc memiliki teknologi dual VGA adapter, yang satu pake INtel Hd, yang satu NVIDIA 310M.
Untuk mengatasi masalah diatas sebenarnya kita tinggal melakukan switching VGA adapter dari Intel HD ke NVIDIA. Intel HD digunakan sebagai default. Jadi ketika bekerja biasa anda gunakan Intel, namun ketika mau maen game atau grafis gunakan VGA Nvidia itu.
Sayangnya driver instalasi NVIDIA yang diberikan oleh vendor tidak mampu untuk melakukan switch tersebut. Cara mengatasinya adalah anda harus mendownload Driver NVIdia Terbaru dari www.asus.com. Jangan download dari Nvidia, karena ada kemungkinan tidak cocok.
Setelah melakukan update driver. Untuk melakukan switchin VGA :
1. anda tinggal klik kanan pada desktop
2. Klik pada Nvidia control panel
3. Pada window Nvidia control Panel terdapat menu manage 3D setting, klik
4. Lalu klik pada tab program setting tambahkan program yang akan dijalankan dengan VGA Nvidia. berikut gambarnya:
5. Klik OK
Semua settingan telah selesai. Anda dapat menggunakan VGA Nvidia anda untuk menjalankan game atau software grafis lainnya dengan mantap...

Sekian postingan kali ini...

Salam ngopi... cheerss

================================================= kurangin tidur banyakin ngopi

17 comments:

  1. mas gak ngefek,, coba liat di setting pes2011>>specification unable toh,,

    ReplyDelete
  2. @Aladinelits: loh kog gak bisa? emangnya dah diikutin dengan benar langkah2nya... Punya temen saya yang kemarin saya oprek dah berhasil tuh... Tiap malam malah dipake lembur... hehe

    Udah update driver VGA terbaru dari www.asus.com? Kalau udah update maka switching vga bisa dilakukan. Dengan langkah diatas.

    Semoga membantu...

    ReplyDelete
  3. tunjukin linknya secara kusus donk. dah aku liat di asus.com n aku cari ga ada.

    ReplyDelete
  4. http://id.asus.com/product.aspx?P_ID=1jsZM3TQdv4XtBZV

    ini untuk link ke produknya (ASUS a42jc)
    Terus nanti ditampilan web-nya asus, pilih menu download (dibawah gambar laptop). Terus pilih OS yang kamu gunakan Win7 32-bit atau Win7 64-bit. Setelah itu pilih VGA. Kemudian pilih driver VGA yang NVIDIA graphic driver (bukan intel). AKu kemarin download pake yang update 6 agustus 2010. Sekarang udah ada update yang 19 januari 2010. Coba kamu pake yang terbaru, siapa tahu fitur lebih lengkap... La disitu nanti ada pilihan download via Global, China, Globlal (DLM) dan P2P. Pilih aja dari server mana kamu download. Kalau aku kemarin dari china lumayan cepet transfer ratenya...
    Setelah itu coba ikuti langkah dipostingan blog diatas. Insyaallah bisa...
    Salam ngopi...
    Nb: Aku gak bisa kasih link langsung soalnya gak tahu kamu pake OS apa.

    ReplyDelete
  5. mas, udh tak install tp tak bwt main down of war 2 tetep aja g ada pengaruh pada pengaturan grapis, tetep low smua....padahal ram-q udh tak upgrade 8gb to....

    ReplyDelete
  6. gimana cara install driver terbarunya yah?? saya udah download versi terbaru yang tanggal 2 juni 2011, trus saya uninstall dlu driver yang lama, saya install dari safe mode, tapi pas dijalankan malah hang windowsnya, gak mau masuk, itu knp ya?? mohon pencerahannya. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung instal ja, istilah nya di tumpuk ja gpp kok, gk perlu di uninstal tau dhapus

      Delete
  7. iya bro gak bisa nih, klo biar nvidianya di jadikan default vga nya gimana, jadi anggep aja vga intel hd nya mati udah gak ada, yg ada cuman nvidia nya aja , klo kya gitu gimana tuh.

    ReplyDelete
  8. iya bro gak bisa nih, klo biar nvidianya di jadikan default vga nya gimana, jadi anggep aja vga intel hd nya mati udah gak ada, yg ada cuman nvidia nya aja , klo kya gitu gimana tuh.

    ReplyDelete
  9. iya bro gak bisa nih, klo biar nvidianya di jadikan default vga nya gimana, jadi anggep aja vga intel hd nya mati udah gak ada, yg ada cuman nvidia nya aja , klo kya gitu gimana tuh.

    ReplyDelete
  10. iya bro gak bisa nih, klo biar nvidianya di jadikan default vga nya gimana, jadi anggep aja vga intel hd nya mati udah gak ada, yg ada cuman nvidia nya aja , klo kya gitu gimana tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kagak bisa bro, tu sdh dari sononya

      Delete
  11. Buat bang vinojaya, maaf saya lama nggak sempat ngurusin nih blog. Lagi sibuk kerja..hehe..

    Memang dari sananya udah seperti itu mas rancangan sistem VGAnya. Jadi diasumsikan pengguna akan lebih banyak menggunakan VGA intel, karena concern utamanya adalah penghematan batery. Makanya laptop hanya akan menggunakan VGA yang NVIDIA untuk aplikasi-aplikasi tertentu.

    Mohon maaf, best practice tersebut saya lakukan ketika masih memegang laptop itu. Setelah masalah selesai (dengan cara diatas- red), maka saya nggak ngulik lebih dalam lagi.

    Semoga bisa membantu.. :-)

    ReplyDelete
  12. udah ane ikutin langkahnya,tp knp yah waktu buat maen CS Zero langsung blank LCD-nya?g bisa diapa2n?

    ReplyDelete
  13. kalau buat nootebook acer gimana?

    ReplyDelete
  14. Gini gan, laptop saya Asus A46C. sebelumnya, saya punya masalah dengan VGA Nvidianya. makanya saya install ulang drivernya dengan versi yag terbaru melalui website resmi nvidia. saya sudah mengikuti semua petunjuk downloadnya dan menyesuaikan dengan spek laptop saya. saat saya install drivernya, tiba-tiba saja error. Tolong bagi yang sudah profesional dan ahli dalam menyelesaikan masalah saya ini tolong dibantu yah.

    Spek Laptop saya:
    Intel Core i5-3337U
    Ram 4GB
    Windows 7 ultimate 64bit
    Nvidia Geforce 740M

    ReplyDelete