Saturday 10 April 2010

Guru Paling Di Cari Abad ini

Ternyata, kehidupan dunia pendidik itu tidak semudah yang kubayangkan. Dulu mengapa aku begitu bermimpi menjadi seorang guru, salah satunya saya melihat pekerjaannya yang terlihat "enteng". Memang dulu yang saya jadikan "role model" adalah guru2 SD di daerah saya yang sukanya masak-masak bersama dan makan2. Kelihatannya enteng banget begitu kerjanya.
Namun saat ini, pandangan saya telah jauh berubah. Ternyata profesi guru itu adalah profesi yang cukup sulit untuk dikerjakan. Kalau hanya sekedar menjadi guru yang berdiri di depan kelas sambil menyampaikan ratusan baris kalimat dari buku-buku referensi, mungkin semua orang bisa dan mampu. Tapi hal yang paling essensi adalah guru itu "adalah digugu dan ditiru" dan ini memiliki arti guru adalah role model bagi siswa-siswa. Selain menyampaikan materi guru juga dituntut perilaku dan perbuatannya bisa dijadikan suri tauladan yang baik bagi mereka. Dan itu, sampai saat ini mungkin hal yang masih sulit untuk aku akan lakukan. Sebagai calon guru, perilaku masih belum bisa dikatakan baik. :-(
Selain memiliki perilaku yang patut untuk ditiru hal lain yang mesti dimiliki adalah kemampuan untuk memotivasi siswa. Guru yang mampu menjadi motivator akan menjadi nilai lebih bagi duni pendidikan. Penyampaian materi akan menjadi "useless", jika siswa yang akan diajar tidak memiliki semangat untuk berkembang dan maju. Untuk itu, guru-guru perlu memiliki kemampuan membangkitkan semangat untuk berkembang bagi para siswanya. Menyiapkan diri siswa untuk selalu siap dan bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar. Dan mungkin juga, dengan motivasi-motivasi yang diberikan oleh guru akan memberikan stimulus yang baik pada kehidupan siswa ke depannya. Bukankah akan sangat bangga jika kata-kata motivasi yang diberikan seorang guru menjadi kata-kata penyemangat untuk kehidupan siswa-siswanya.
Ya, guru yang mampu menjadi motivator ini adalah guru yang paling dicari abad ini. Semoga saya bisa untuk menjadi guru seperti itu. Saat ini saya sedang berusaha dan akan terus berusaha. Sebagai calon guru, mimpi itu adalah peta kehidupan saya...


Bagi anda yang ingin share mengenai guru idaman anda atau bagi temen2ku PTI UM yang mau share tentang guru yang baik. Sangat saya tunggu komentarnya...
=================================================
kurangin tidur banyakin ngopi

6 comments:

  1. Profesi guru saat ini boleh dibilang dimanjakan oleh pemerintah, paling tidak dilihat dari sisi materi, karena guru selain dapat gaji, juga dapat tunjangan profesi. Cuma sayang, dari yang saya lihat, guru2 yang telah bersertifikat sebagai guru profesional (karena itu dapat tunjangan profesi), belum juga mampu menunjukkan diri sebagai guru profesional. Karena itu masyarakat banyak berharap kepada calon-calon guru agar nanti mereka bisa lebih baik ketimbang kebanyakan guru sekarang.

    ReplyDelete
  2. Memang kondisinya seperti itu. Seharusnya di Indonesia ini diterapkan "reward and punishment" kepada guru-guru untuk mendorong mereka meningkatkan kualitas. Rewardnya sudah diperoleh dengan materi yang didapat dari gaji dan tunjangan profesi. Untuk punishmentnya, bila guru yang sudah tersertifikasi tidak mampu menerapkan keprofesionalitasannya dalam mengajar seharusnya sertifikat guru profesionalnya dicabut. Dan hal itu berbanding lurus dengan pengurangan materi yang diperoleh. Mungkin dengan sistem semacam itu, guru-guru yang sudah tersertifikasi akan terus berupaya mengembangkan diri.

    Untuk harapannya kepada calon guru... Semuanya sedang diusahakan... hehe
    Tapi terkadang hal itu terbentur dengan adanya politik uang pada saat test CPNS. Calon guru yang mungkin tidak begitu bermutu seringkali dapat mengungguli karena faktor suap-menyuap. Bila hal itu tetap saja terjadi, maka usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan menyaring calon guru yang potensial tidak akan terjadi.

    Semoga saja, orang-orang yang benar-benar terbaik akan mampu menjadi guru yang baik pula...
    Terimakasih atas komennya... salam ngopi..

    ReplyDelete
  3. Sungguh mulia cita2 maupun profesi sebagai guru.
    Semoga saja sosok guru yang patut digugu dan ditiru bisa menjadi satu kenyataan di negri ini...Bukan hanya sebagai mimpi sahaja...?!

    ReplyDelete
  4. @NENSA : AMIIN.. DAN SEMOGA DUNIA PENDIDIKAN DI NEGARA KITA INI MENJADI LEBIH BAIK.. KARENA UJUNG TOMBAK PENDIDIKAN TELAH MAMPU MENJADI TENAGA PROFESIONAL.

    ReplyDelete
  5. aamiin, mulia cita2mu mas. sebagai anak guru bersertifikat, tahu perjuangannya untuk menjadi lebih profesional. Biar barokah tunjangannya. Semangat yaa..

    ReplyDelete
  6. @dhekyuyun :
    iya dhek... masih belajar dan terus belajar...

    fight...fight...fight

    ReplyDelete