Saturday 12 December 2009

Tips Merawat Baterai Laptop

Keberadaan laptop memang saat ini telah menjadi trend di dunia teknologi. Kemampuannya yang fleksible dapat dibawa kemana-mana menjadi salah satu keunggulan di bandingkan dengan desktop. Hal ini dikarenakan lappy ditunjang fasilitas baterai yang rechargeable.

Namun kelebihan itu akan tidak berarti apa2 saat baterai lappy kita drop n lifetimenya tinggal 15 menit (ini punyaku) affraid . Apalagi mau di LEMBIRU, harga baterai masih di atas kisaran 1 jeti. sungguh gag bagus buat yang notabene anak-anak terlantar(=baca anak kost). Oleh karena itu perlu melakukan perawatan baterai agar terhindar dari kejadian itu semua.

Berikut ini adalah tipsnya : (ini sebagian besar aku dapatin waktu kemarin konsul ma teknisi kompie) moga2 bener... hehe...

1. Gunakan tampilan layar yang cenderung lebih gelap (brightness) saat menggunakan laptop dengan sumber energi utama baterai .
2. Matikan Wifi n Bluetooth serta perangkat add on laen bila sedang tidak digunakan.
3. Atur power management lappy anda untuk menentukan settingan yang paling pas untuk konsumsi energi anda. Bedakan ketika energi menggunakan baterai dan saat menggunakan energi jala2.
4. Lakukan cara charge yang benar, yakni selalu melakukan charge baterai pada saat kondisi laptop mati dan segera cabut adaptor ketika lampu indikator telah menunjukkan bahwa baterai laptop penuh. Bila anda terus mencharge baterai padahal baterai sudah penuh maka akan menyebabkan lifetimenya berkurang.
5. Ketika mencolokkan kabel, pasang dahulu colokkan yang ke laptop baru kemudian pasang colokkan yang diterminal. Katanya anak elektro biar bisa ngurangi "shock". Shock yang ditimbulkan ini bisa merusak baterai dan juga komponen lain di lappy.
6. Kalau bisa... ini kalau bisa ya... Pasang stavolt untuk menstabilkan voltase pada saat menggunakan sumber energi jala-jala.
7. Yang terakhir jangan terlalu sering pake laptop tanpa baterai. Karena bila suatu saat mati lampu terus laptop langsung mati secara hardware, maka kemungkinan besar komponen laptop bisa rusak. Syukur2 gag matot (mati total). Niatnya mau mengawetkan baterai malah mengorbankan laptop... jangan ya.. hehehe

Sekian tips dari saya semoga dapat bermanfaat.

<>



=================================================
kurangin tidur banyakin ngopi :cheers:

No comments:

Post a Comment