Tuesday 8 December 2009

Sejarah perkembangan komputer

EVOLUSI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER

Pada artikel ini, sejarah yang dibahas hanya meliputi perkembangan computer pada masa modern. Evolusi computer pada sebelum tahun 1945, yang merupakan dasar awal sistem komputasi tidak dibahas. Karena dalam evolusi tersebut belum menggunakan teknologi elektronik namun menggunakan logika manusia dan peralatan sederhana sampai teknologi mekanik.

Dan tahap perkembangan atau evolusi teknologi computer pada masa modern adalah sebagai berikut.

1. Tahun 1834, Analitycal Machine yang dikembangkan oleh Babbage

Proyek ini merupakan, proyek pertama kalinya yang bertujuan untuk menciptakan computer digital.

2.Tahun 1936, Z1 dikembangkan oleh zuse. Relay pertama yang dapat bekerja untuk melakukan sebuah operasi aritmatika. Dengan ditemukannya ini maka perkembangan computer ke era digital mulai dikembangkan.

3. Tahun 1943, Colossus merupakan computer elektronik pertama. Teknologi ini dikembangkan oleh pemerintah Inggris.

4. Tahun 1944, Harvard Mark I ASCC (Automatic Sequnce-Controlled Calculator). Dikembangkan oleh ahli matematika di Harvard University, Prof. Howard Aiken. Para peneliti tersebut mampu membuat sebuah alat yang bisa menghitung operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Pada awalnya teknologi ini akan menerapkan mekanis-elektronik, namun pada akhirnya menerapkan teknologi elektronika secara utuh. Dimensi mesin ini berukuran 8 x 55 kaki, yang komponen utamanya berupa switch dan vacuum tube. Mesin ini mampu mengerjakan operasi pengurangan dan pertambahan 23 digit angka dalam waktu 0,3 detik. Serta 6 detik untuk operasi perkalian 23 digit angka.

Setelah ditemukan teknologi digital seperti diatas maka teknologi computer berkembang dengan pesat. Evolusi ini nantinya akan dibagi ke beberapa generasi, menurut teknologi yang ditemukan sebagai alat komputasinya.

1. Generasi Pertama : Teknologi Tabung Hampa Udara.

Pada computer generasi pertama ini, memiliki ciri-ciri :

1. Teknologi yang diaplikasikan adalah pemanfaatan switch dan tabung hampa.

2. Program dalam bahasa mesin.

3. Konsep stored program dan memory utamanya berupa magnetic core storage.

Dan ini merupakan tahapan evolusi computer generasi pertama,

1. ENIAC ( Electronic Numerical And Calculator )

Dirancang oleh Dr. John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946. Komputer ini sudah mulai menyimpan data yang dikenal sebagai konsep penyimpanan data (stored program concept) yang dikemukakan oleh John Von Neuman

2. EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer)

Penggunaan tabung vakum sudah mulai dikurangi dalam perancangan komputer EDVAC ini, dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibanding ENIAC.

3. EDSAC ( Electronic Delay Storage Automatic Calculator )

Mulai memperkenalkan penggunaan raksa (merkuri) dalam tabung untuk menyimpan data.

4. UNIVAC I ( Universal Automatic Calculator)

Dirancang pada tahun 1951 oleh Dr. Mauchly dan Eckert. Komputer ini merupakan komputer pertama yang digunakan untuk memproses data perdagangan.

5. UNIVAC II

Pabrik pembuatnya Sperry Rand-Univac

6. Datamatic 1000

Pabrik pembuatnya Honeywell

7. Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709

Pabrik pembuatnya International Business Machine

8. CRC, NCR 102A, NCR 102D

Pabrik pembuatnya National Cash register

9. BIZMAC I, BIZMAC II

Pabrik pembuatnya RCA

10. Von Neuwman dengan IAS. Desain dari computer ini hampir digunakan di seluruh desain computer.

2. Komputer generasi kedua : teknologi Transistor.

Dengan ditemukannya transistor untuk sirkuit computer maka teknologi computer berkembang dengan cepat. Transistor yang lebih efisien dalam konsumsi daya listrik dan tempat, menjadikan bentuk computer menjadi sedikit lebih compact dibanding generasi terdahulu. Dan pada akhir tahap kedua ini. Pengembangan bahasa tingkat tinggi sudah mulai diaplikasikan. Daya simpan sudah besar, serta menggunakan simpanan luar berupa magnetic tape dan magnetic disk.

1. PDP-1

Komputer ini dikembangkan oleh DEC (Digital Equipment Corporation) dengan pendirinya Ken Olsen , Stan Olsen dan Harlan Anderson. Komputer ini telah menerapkan teknologi minicomputer yang akan menjadi nyawa bagi computer pada generasi ketiga. Dan PDP-1 ini telah terjual sebanyak 50 unit.

2. IBM 1401, merupakan computer komersil yang cukup digemari pada masanya.

3. IBM 7094, mendominasi alat penghitungan pada awal 1960-an. Pada computer ini telah terjadi peningkatan performa yang sangat tinggi. Proses penghitungan yang tinggi ini karena ditemukannya teknologi transitor. Selain itu kapasitas memory juga semakin besar bila dibandingkan computer pada generasi pertama.

4. PDP-8, merupakan computer yang dikenal sukses karena harganya “hanya” $ 18.000 yang cukup terjangkau. Teknologi omnibus dan CPU yang diterapkan oleh computer ini, nantinya akan menjadi tolak ukur dalam pengembangan mikrokomputer di masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan system ini sangat fleksibel dan memiliki prospek untuk diaplikasikan pada teknologi yang lebih tinggi.

3. Komputer Generasi Ketiga : teknologi IC (integrated circuit)

Ciri pada computer generasi ini adalah dengan menggunakan IC yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuit. HIC merupakan teknologi ini menerapkan transistor dan diode yang diletakkan terpisah pada suatu tempat. Sedangkan MIC, menyatukan berbagai macam komponen didalam sebuah chip. Dengan perkembangan teknologi yang ada, computer ini telah memiliki kecepatan proses 1000 kali lebih cepat dari generasi pertama. Memory telah berkapasitas ratusan ribu karakter. Penggunaan Random Access pada simpanan luarnya, menjadikan teknologi ini semakin menjadi teknologi yang sangat baik dan memiliki ketepatan serta kecepatan yang sangat tinggi.

Teknologi ini telah mampu melakukan multiprocessing dan multiprogramming. Selain itu juga menangani sistem input output dengan baik,yakni dengan tersedianya layar display dan sistem suara. Juga dengan adanya MICR (Magnetic Ink Character Recognition) yang merupakan salah satu alat input yang dapat dikenali oleh beberapa computer pada generasi ini. Kemudian pada computer generasi ketiga ini, telah mampu mengakomodasi hubungan antara satu computer dengan computer lain. Alat komunikasi datanya adalah kabel telepon.

Beberapa computer yang berkembang pada generasi ketiga adalah :

1.Burroughs, merupakan computer pertama yang menyediakan tempat bagi bahasa tingkat tinggi.

2. IBM 360, computer pertama yang didesain untuk keperluan rumah tangga. Komputer ini mulai memperkenalkan penggunaan IC (integrated circuit) dalam peralatan komputasinya. Dengan produk ini yang terjual luas dipasaran, maka menasbihkan IBM sebagai perusahaan pengembang computer nomer 1 pada tahun 1960- 1970 an.

3. 6600 oleh CDC, adalah kalkulator scientific yang pertama kali digunakan.

4. PDP-11 yang dikembangkan oleh DEC, menjadi minicomputer yang menguasai teknologi computer pada awal 1970-an.

5. NOVA oleh Data General Corporation merupakan computer dengan sistem 16 bit pertama.

4. Komputer generasi keempat : teknologi LSI (Large Scale Integration).

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large ScaleIntegration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.

Selain itu, dengan ditemukannya teknologi semikonduktor maka kapasitas penyimpanan memory menjadi sangat besar. Pada saat itu telah mampu menyimpan data sampai 1 gigabyte. Teknologi semikonduktur yang bersifat mini ini pada akhirnya akan mempermurah harga computer yang ada. Pada awalnya teknologi semikonduktor masih menggunakan bahan utama berupa germanium, namun pada saat terakhir bahan silicon jauh lebih menguntungkan dari segi harga maupun kemudahan dalam pembuatan chip dan microprocessor.

Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum.

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.

5. Komputer generasi kelima : masa depan

Teknologi ini masih dalam pengembangan dan masih dibayangkan oleh pengembang computer di seluruh dunia. Arah pengembangan ini juga masih sulit untuk ditebak, karena semakin kompleksnya kebutuhan manusia yang menyebabkan permintaan yang bermacam pula untuk teknologi computer.

Yang saat ini sedang dikembangkan adalah teknologi Jusephson Junction. Teknologi ini memungkinkan penggantian chip. Kemampuan komputasinya mencapai trliyun operasi perdetik. Selain itu, Jepang dengan ICOTnya (Institute for new Computer Technology) berusaha mengembangkan teknologi kompter yang dapat mengerti bahasa manusia. Manusia nantinya dapat bercakap-cakap dengan computer serta mampu mendiagnosa suatu penyakit dengan lebih akurat.

Sedangkan yang ada dibayangan pengembang computer. Komputer masa datang adalah computer yang dapat mempunyai perasan seperti manusia. Dapat dikatakan akan terbuat manusia tiruan. Teknologi ini dapat terjadi, jika ramalan para ilmuwan mengenai biochip (sintesa protein dan teknologi chip) dapat terwujud.

Daftar Pustaka :

Hartono, Jogiyanto. Pengenalan Komputer. Yogyakarta : penerbit andi.2004

Stallings,William. Computer Organization and Architecture “designing for performance”. New Jerseys : Prentice Hall. Sixth edition.

Tanenbaum, Andrew S. Structured Computer and Organization 4th edition PDF.

http:/awank.blogsome.come/Sejarah perkembangan computer march 2008

1 comment:

  1. Hohoho...
    Kalo 2012 jadi kiamat yang untuk masa depan apa berhasil diwujudkan ya????

    ReplyDelete